Minggu, 04 November 2012

Pelindo Dumai Komit dan Berusaha Menjaga Kwalitas Lingkungan

# Gencarkan Penghijauan, Modrenisasi dan Pemantauan
Dumai - PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) Cabang Dumai tetap berusaha mejaga keserasian, keselarasan dan keseimbangan lingkungan hidup dalam menjalankan roda usahanya melalui, penanaman pohon, modernisasi peralatan di pelabuhan dan pemantauan lingkungan hidup. Hal tersebut disampaikan, Harianja, General Manager PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) Cabang Dumai, Minggu (4/11).
Menurut Harianja, pengelolaan dan pengembangan Pelabuhan yang bersahabat dengan lingkungan sangat perlu ditingkatkan dan Pelabuhan Dumai sendiri semaksimal mungkin tetap memperhatikan keselamatan dan kelestarian lingkungan hidup dalam menjalankan usahanya.
“Berbagai upaya telah dilakukan Pelindo Cabang Dumai dalam menjaga dan melestarikan lingkungan pelabuhan dan lingkungan disekitarnya seperti penananam pohon bakau di pesisir pantai, penanaman pohon ketapang, pohon tanjung dan pohon waru di lingkungan pelabuhan dan penyerahan pohon mangga kepada masyarakat yang berada di sekitar lingkungan pelabuhan,”ungkapnya.
Dijelaskan Harianja, pohon Bakau yang ditanam di daerah pesisir pantai seperti dermaga C sudah meninggi dan tampak hijau. Selain itu, lanjutnya, agar kebersihan pelabuhan tetap terjaga dari sampah – sampah masyarakat yang bekerja di areal pelabuhan, Pelindo telah menyediakan berbagai fasilitas seperti bak sampah dan tong sampah di setiap dermaga.
“Kesadaran dan disiplin masyarakat juga sangat dibutuhkan untuk menciptakan lingkungan yang sehat. Contoh sederhananya membuang sampah pada tempat yang telah disediakan dan tidak menghilangkan tong sampah tersebut.”jelasnya.
Pelabuhan Cabang Dumai sangat mendukung program pemerintah dalam menjaga dan melestarikan lingkungan dengan memodernisasi peralatan bongkar muatnya, terutama menangani jenis barang yang berpotensi menimbulkan pencemaran lingkungan seperti Palm Kernel Ekspeller.
“Bila tidak ada aral melintang awal tahun depan bongkar muat curah kering seperti bungkil, cangkang dan pupuk akan dilakukan dengan conveyor,” tegas Harianja.
Bukan hanya sebatas itu, kata Harianja, setiap semester Pelindo tetap melakukan pengawasan terhadap lingkungan melalui pengukuran baku mutu air, baku mutu emisi dan baku mutu lainnya.
Pada tahun 2012 ini pemantauan tersebut dilakukan oleh PT Sucofindo karena perusahaan ini yang memiliki laboratorium yang terakreditasi.
Sementara itu, terkait dengan beberapa perusahaan yang berada di Daerah Lingkungan kerja (DLK) Pelindo, General Manager menganjurkan agar setiap perusahaan turut serta dan berpartisipasi dalam menjaga dan melestarikan lingkungan masing-masing, sebab menjaga keserasian, keselarasan dan keseimbangan lingkungan hidup di pelabuhan bukan hanya tanggungjawab Pelindo, tetapi pengusaha  juga memiliki tanggungjawab masing-masing sesuai dengan UU nomor 32 tahun 2009.
“Beberapa upaya telah dilakukan Pelindo agar perusahaan yang beroperasi di Daerah Lingkungan kerja (DLK)-nya memperhatikan kelestarian dan keselamatan lingkungan seperti meminta laporan  Upaya Pengelolaan Lingkunan/Upaya Pemantauan Lingkungan (UKL/UPL) dan menganjurkan agar setiap perusahaan melakukan penghijauan di lingkungan masing-masing.”pungkasnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites