Jumat, 10 Agustus 2012

Pelabuhan Dumai

Pelabuhan Dumai terletak 200 km dari kota Pekanbaru yang merupakan ibu kota Propinsi Riau Daratan dimana Pelabuhan Dumai memiliki daerah hinterland tidak hanya di wilayah Propinsi Riau Daratan tetapi juga daerah lain di sekitar.

Pelabuhan Dumai yang merupakan terminal Multy Purpose dalam upaya meningkatkan pelayanan bongkar muat break bulk yang dilakukan terus menerus, disamping itu juga telah dilengkapi fasilitas special handling seperti Sistem Pemompaan CPO (Crude Palm Oil) melalui pipa terpadu yang berkapasitas 250-300 ton/jam/loading unit dan Terminal Curah Kering dengan kapasitas 400-500 ton/jam/conveyor. Dan di pelabuhan ini tersedia fasilitas penumpukan seperti gudang dan tangki timbun yang cukup untuk menampung lalu lintas barang hasil perkebunan dan pertanian yang dominan di pelabuhan ini.

Langkah awal untuk menjadikan Pelabuhan Dumai bertaraf Internasional telah dilakukan kemudahan pelayanan jasa kepelabuhanan melalui Sistem Pelayanan Satu Atap (PPSA) dan didukung oleh pelayanan sistem online (PPKB Online) yang terintegrasi pada Sistem Informasi Manajemen (SIM) Terpadu Pelabuhan Cabang Dumai. 

Untuk Pelayanan Kapal telah dilengkapi dengan standar ISO 9001-2000, serta dalam penanganan sistem keamanan fasilitas pelabuhan terhitung 30 Mei 2004 telah diberlakukan persyaratan sesuai ketentuan Internasional Maritime Organization (IMO) dan telah dikeluarkan "Pernyataan Pemenuhan Keamanan Fasilitas Pelabuhan" (Statement of Compliance of Port Facility) oleh Pemerintah No. KL.94/152/ISPS/DV/APR04 yang berarti Pelabuhan telah memenuhi ketentuan Internasional Ships and Port Facility Security Code (ISPS-CODE).

Untuk penyebaran informasi tentang Pelabuhan Dumai yang secara luas kepada para pelaku ekonomi maupun masyarakat yang memerlukannya, Pelabuhan Dumai telah menyiapkan website http://dumai.inaport1.co.id, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.

Dalam era globalisasi saat ini data dan informasi merupakan hal pokok dalam membuka maupun mengembangkan jaringan usaha yang sudah ada, oleh karena itu informasi yang kami sediakan ini kami anggap dapat membantu Mitra Usaha maupun masyarakat Kepelabuhanan untuk mendapatkan informasi tentang Pelabuhan Dumai sehingga masyarakat dan mitra usaha dapat mengatur gerak usahanya sejalan dengan perkembangan pelabuhan itu sendiri. Hal ini disebabkan oleh angkutan laut saat ini sangat populer dikalangan eksportir dan importir disamping dapat mengangkut dalam partai besar juga harganya masih termurah dibandingkan dengan model transportasi lainnya.


 
 

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites